Berita

Belasan Pelajar Dari Dua SMK Melaksanakan Program Prakerin Di Dinas Kominfo

Kamis, 7 Oktober 2021

Belasan pelajar dari dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yakni SMK Negeri 1 Pergetteng-getteng Sengkut dan SMK Negeri 1 Sitellu Tali Urang Jehe di Kabupaten Pakpak Bharat kembali melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Pakpak Bharat Salak, (05/10/2021).

Kami selalu mengirim anak didik kami untuk belajar di Dinas ini (Kominfo) setiap tahun, Sekolah kami memang berbasis pada teknologi dan kami rasa cocok dan selaras dengan Dinas Komunikasi dan Informatika ini yang menjadi salah satu basis toknologi informasi di Kabupaten ini, disamping peralatan di sini yang sudah terbilang lengkap, juga didukung tenaga dan SDM yang cukup mumpuni, cakap dan terampil. Banyak ilmu pengetahuan dari mereka, para instruktur yang membimbing anak-anak didik kami yang bisa mereka bagikan kepada anak didik selama mengikuti program prakerin ini, ungkap Asberson Sikettang, S.Pd,  guru SMK Pergetteng-Getteng Sengkut.

Selama ini mereka di sekolah menerima pengajaran secara teori, dalam program prakerin inilah mereka diberi kesempatan untuk melaakukan praktek dilapangan, mengaplikasikan semua ilmu yang telah didapat disekolah dengan kondisi sebenarnya dilapanga. Kita berharap setelah ini mereka punya kemampuan kompetitif, mampu mandiri serta memiliki kesempatan luas kelak didunia kerja, tambahnya kemudian.

Sebagaimana diketahui bahwa prakerin yang dilakukan oleh para siswa tersebut merupakan salah satu bagian Kurikulum Pendidikan guna meningkatkan keterampilan lulusan SMK yang diharapkan bisa diserap langsung oleh dunia kerja dan siap bekerja kelak.

Erwin Berutu salah seorang tenaga pembimbing yang diutuskan oleh Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Pakpak Bharat mengatakan bahwa sebelum melaksanakan Prakerin para pelajar ini terlebih dahulu mengikuti pra test yang dibuat oleh para instruktur dan pembimbing.

Tujuan dilakukannya pratest ini untuk mengetahui sampai mana kemampuan dari siswa-siswi yang melaksanakan prakerin di Dinas Komunikasi Dan Informatika ini, sehingga nantinya kita bisa lebih mudah memetakan kemampuan mereka guna menyesuaikan dengan program pengajaran kita nantinya, kita berharap sepulang mereka dari sini kelak benar-benar memiliki nilai lebih serta mampu dalam bidang ini, ucap Erwin Berutu salah seorang pembimbing dari Dinas Kominfo yang mendampingi para pelajar muda ini.

 Kedepan siswa-siswi ini akan diajari dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan sistem jaringan dan instalasi jaringan, kita berharap nantinya mereka mampu melakukan konfigurasi perawatan-perawatan jaringan serta merancang dan merakit instalasi perangkat, ungkap Erwin kemudian.

Selama prakerin berlangsung para siswa akan mengetahui bagaimana kondisi dunia kerja yang sesungguhnya, mampu dan memahami bekerja secara profesional, menjalin komunikasi dengan sesama teman kerja, Serta membentuk etos kerja. 

(Geloria berutu / Riahna sitakar)

 

LOGIN E-KINERJA
Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Pakpak Bharat


Komp. Panorama Indah Sindeka Salak
Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara
Kode Pos 22272, Telp/Fax: (0627) 7433058


  • twitter
  • facebook
  • youtube
  • instagram
Situs Terkait

Polling
Pendapat anda tentang pelayanan Dinas Kominfo Kabupaten Pakpak Bharat?

Copyright © 2022 Diskominfo Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved